CARI

Welcome to All About Know at http://nandkostaman.blogspot.com/ ! Enjoy my blog.

Friday, October 29, 2010

Tips –Tips [generic] Trouble shooting


1:41 PM |


1. Perhatikan pesan kesalahan atau error yang terjadi ,ikuti langkah langkah penyelesaiannya jika ada atau lihat dan perhatikan penyebab error.
2. baca Readme,help,manual atau dokumentasi yang disertakan.selain itu baca FAQ dan bagian troubleshooting (jika ada).
3. Jika cara no 2 tidak ditemukan hasilnya gunakan dukungan dari vendor.Biasanya dukungan disediakan dengan email,jika produk tersebut adalah produk free sofrware anda bisa menanyakan ke forum atau milis milis yang tersedia,selain itu anda bisa melihat
arsip dokumen di website produk tersebut.
4. Jika permasalahan tidak juga bisa diselesiakan coba sendiri dengan cara Trial and Error.
5. Tanyakan pada comunitas di sekitar anda yang memakai sistem atau produk yang sama dengan anda ,siapa tahu mereka pernah mendapatkan permasalan serupa dan
menemukan jawabannya.
6. Jika anda merasa bahwa error disebabkan oleh bug,Kirimkan atau laporakan bug yang anda temukan ke developer atau perusahaan yang bersangkutan.Jika produk tersebut menyertakan source codenya anda bisa melakukan debugging dengan melakukan patch,Tentunya jika anda seorang developer juga :D,dan melaporkan patch anda ke developer.
7. Jika cara tersebut diatas gagal atau belum didapat solusi gunakan versi yang lebih rendah.Alternatif lain coba dengan produk sejenis yang bisa menggantikan produk tersebut untuk sementara waktu jika aplikasi atau produk anda adalah aplikasi kritis.


You Might Also Like :


0 komentar:

Post a Comment

Silakan masukan komentar dari Anda. No SARA, PORN, and SPAM. Please !

Nandkostaman.blogspot.com. Powered by Blogger.