CARI

Welcome to All About Know at http://nandkostaman.blogspot.com/ ! Enjoy my blog.

Monday, September 20, 2010

Permalink pada Joomla


9:56 AM |


Ada pertanyaan di sebuah forum, yaitu bagaimana mengubah http://www.pkesinteraktif.com/ index.php?xxx menjadi http://www.pkesinteraktif.com/berita-utama.html
Nah, itulah yang sering disebut permalink atau SEF, artinya kiat mempercantik link kita supaya bisa mudah dimengerti oleh Search Engine dan user yang hendak membacanya.
Memang pada Global Configuration Joomla sudah ada fasilitas permalink untuk SEO Setting, namun kadang masih kaku.
Cara yang biasa saya pakai untuk permalink SEF pada Joomla :
  • Saya biasa pakai component ArtioSEF atau Sh404SEF. Anda dapat menemukan extensionnya di http://extensions.joomla.org, kemudian Search dengan kata kunci SEF. Pastikan kondisi component tersebut adalah ON.
  • Kemudian pada Global Configuration Joomla 1.5, aktifkan semua SEF Settingnya dengan memilih check ON pada semuanya.
  • Jangan lupa untuk me-rename file htaccess.txt menjadi .htaccess pada host anda. Letaknya di root folder public_html.
Namun, yang menjadi catatan adalah:
Saya biasanya mengaktifkan component, SEF Setting Joomla dan mengubah nama file htaccess.txt, saat semua file yang saya kerjakan di localhost sudah saya upload ke host(Host saya memakai server Linux)
Jika Anda memakai host server Windows atau sedang mencoba pada komputer sendiri dengan menggunakan program Appserv, Xampp, PHPTriad atau sejenisnya, Anda harus mengaktifkan mod_rewritenya terlebih dulu pada Apache apabila anda ingin mengubah nama file htaccess.txt ke .htaccess. Caranya sudah saya jelaskan pada Artikel :Mengaktifkan mod_rewrite


Catatan Tambahan 1 Oktober 2009,
Selain pakai component permalink pada Joomla yang rada ribet di atas, saya juga memakai alternatif plugins Joomla bot_joomSEO_1.5.X untuk SEF akhir-akhir ini, keuntungannya Anda hanya tinggal meng-enable pluginnya, dan mencheckON semua SEF Settingnya pada Global Configuration, maka otomatis semua link akan dikonversi ama plugin tersebut. Selamat mencoba :D
Namun, anda perlu tau juga bahwa component dan plugin yang saya sarankan dalam artikel tersebut adalah free, kelemahannya antara lain tidak bisa dipakai untuk virtuemart atau sejenis component lain yang kompleks. Anda harus membelinya atau mengganti secara manual di databasenya. Biasanya cara kedua inilah yang saya pakai, walaupun cukup merepotkan..
Hati-hati juga apabila Anda hendak mengganti component SEF dari Artio ke Sh404 atau sebaliknya, karna sering terjadi error dalam pembuatan link barunya.


You Might Also Like :


0 komentar:

Post a Comment

Silakan masukan komentar dari Anda. No SARA, PORN, and SPAM. Please !

Nandkostaman.blogspot.com. Powered by Blogger.